Internasional

16 Berita
Internasional

Jika Tahun ini Hendak Umrah, Menteri Haji dan Umrah Saudi: Jamaah Wajib Vaksin Covid-19

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Benten mengatakan bahwa umat Islam yang akan melaksanakan ibadah umrah disarankan sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Hal ini menurutnya merupakan langkah protokol kesehatan dalam upaya pencegahan yang terus dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi.

Berbicara di Channel Al-Arabiya, Benten mengatakan bahwa untuk memastikan ibadah umrah aman, pihaknya terus memberlakukan kebijakan protokol kesehatan di antaranya jaga jarak, menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, dan memberi batasan umur jamaah yang akan melaksanakan umrah.

Internasional

Dijanjikan Bantuan Rp28 Triliun, Menlu RI: Kami Menolak Hubungan Diplomatik dengan Israel

Pemerintah Republik Indonesia menegaskan kembali tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) Luar Negeri 2021 yang disiarkan secara daring pada Rabu (6/1) di Jakarta.

"Penghujung tahun 2020, santer terdengar berita, seolah Indonesia akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Saya ingin menyampaikan kembali bahwa hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," tegas Retno.

Internasional

Diplomasi Gus Dur Jadi Kajian Nahdliyin Inggris dan KBRI London untuk Perkuat Solidaritas Global

Warisan diplomasi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dikaji kembali oleh Nahdliyin di United Kingdom. Pada peringatan Haul Gus Dur, PCINU Inggris dan Gusdurian UK bekerjasama dengan KBRI London serta PPI Dunia membahas konsep diplomasi Gus Dur.

Agenda diskusi virtual ini akan berlangsung pada Kamis, 24 Desember 2020. Para tokoh yang yang dijadwalkan turut berbicara adalah KH Yahya C Staquf (Katib 'Aam PBNU), Hartyo Harkomoyo (Councellor Pensosbud KBRI London), dan Choirul Anam (Koordinator PPI Dunia).

Internasional

Efek Samping Vaksin Covid-19, Nakes Indonesia : Linu dan Pegal

Tenaga kesehatan (nakes) Indonesia yang bekerja di rumah sakit Kota London, Inggris termasuk dalam kelompok pertama yang mendapat vaksinasi massal Covid-19 di Inggris. Mereka mengatakan efek samping vaksin Covid-19 yang mereka rasakan hanya pegal linu atau nyeri badan. Tiga nakes Indonesia yang bekerja di rumah sakit yang berbeda di London akan mendapatkan dosis kedua vaksin Pfizer pada sekitar pekan kedua Januari ini. Hal itu untuk memastikan imunisasi penuh

Dua dokter dan seorang perawat Indonesia mengalami apa yang disebutkan dalam lembaran yang dibagikan sebelum vaksinasi, sebagai efek samping ringan, namun dengan tingkatan yang berbeda.

Internasional

Tak Bisa Hadapi Tantangan Dunia, Mendik Negara Bagian Assam India: 700 Madrasah di Tutup

Pemerintah Negara Bagian Assam, India telah mengesahkan Undang-Undang pelarangan semua sekolah Islam di wilayahnya pada Rabu lalu. Negara bagian yang dipimpin oleh politikus nasionalis Hindu dari Partai Bharatiya Janata (BJP) menilai, sekolah Islam berada di bawah standar an menggunakan penilaian itu sebagai dalih pelarangan.

Menteri Pendidikan Negara Bagian Assam, Himanta Biswa Sarma, mengatakan, dengan disahkannya UU tersebut maka lebih dari 700 sekolah Islam—yang disebut madrasah- di wilayah timur laut India akan ditutup pada April mendatang.

Internasional

DJ Wanita Palestina di Tahan Usai Gelar Pesta Dekat Makam Nabi Musa

Seorang DJ Palestina ditahan selama 15 hari oleh Otoritas Palestina karena menggelar sebuah pesta di situs suci makam Nabi Musa pada Sabtu pekan lalu. DJ Sama Abdul Hadi dan beberapa orang lainnya yang ada di pesta bermain di situs suci yang diyakini sebagai makam Nabi Musa, yang terletak di Tepi Barat antara Yerusalem dan Jericho, CNN melaporkan, Kamis (31/12)

Surat kabar Israel, Haaretz, melaporkan puluhan anak muda Palestina dari Yerusalem Timur, Ramallah, dan Bethlehem menghadiri pesta Sabtu malam di makam Nabi Musa.

Internasional

Soal Pertemuan AS-Israel-Saudi, Ini Tanggapan Palestina

Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh merespons kabar pertemuan yang dilakukan Arab Saudi, Amerika Serikat, dan Israel yang dilakukan secara diam-diam atau rahasia. Shtayyeh mengungkapkan kesedihannya ketika mendengar informasi bahwa negara-negara Arab sedang dalam pembicaraan untuk membuka kembali kantor kedutaan besarnya di Israel. "Saya mengonfirmasi panggilan Yang Mulia Presiden Abu Mazen (Mahmoud Abbas) atas dialog Arab-Arab tentang apa yang terjadi dan perlunya mengoordinasikan posisi dengan kepemimpinan Palestina mengenai apa pun yang merugikan kami," ujar Shtayyeh seperti dilansir dari Associated Press.

Internasional

Dibalik Kemenangan Joe Biden

Jakarta,beritakita "Barangsiapa di antara kamu yang melihat kemunkaran maka ubahlah dengan tanganmu. Jika tidak sanggup lakukan dengan lisanmu. Jika masih tidak sanggup ubahlah dengan hatimu." Inilah hadits Nabi Muhammad yang disampaikan Joe Biden saat kampanye untuk merebut hati pemilih Muslim di Amerika.

Internasional

Pendaftaran Imam Masjid di UEA Kembali Buka

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) tahun ini kembali merekrut calon imam masjid asal Indonesia. Salah satu syaratnya adalah harus hafal 30 juz Al-Qur’an (hafiz). Tahun ini, ada 100 hafiz yang bakal direkrut. Atas program tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi mengapresiasi kepercayaan Pemerintah UEA. Ia menjelaskan bahwa kerja sama ini sudah berlangsung selama beberapa tahun terkahir. “Perekrutan kembali para hafiz asal Indonesia sekaligus bentuk kepercayaan UEA. Ini patut diapresiasi,” terang Menag Fachrul Razi, Jumat (16/10) di Jakarta.

Internasional

Dalam Rangka Memperingati HSN Jepang Bersholawat dan Adakan Berbagai lomba

Ketua PCINU Jepang, Miftakhul Huda mengatakan dalam Gebyar Hari Santri kali ini, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang, akan menggelar beberapa agenda. Selain perlombaan juga akan diadakan 'Jepang Bershalawat'.Huda menuturkan, agenda Jepang Bershalawat sudah menjadi tradisi rutin, diselenggarakan selama beberapa tahun terakhir.

Internasional

Sholawatan di Yamanashi Jepang

Budaya membaca Shalawat tidak hanya ramai di Indonesia, tapi juga menggema di Jepang, tepatnya di masjid  Kawaguchiko, Yamanashi. Yamanashi adalah kawasan wisata Gunung Fuji, sekitar 112 kilometer dari kota Tokyo.

Internasional

Ini dia Bahan dan Alat Untuk Membersihkan Ka'bah

Pada tahun lalu, Presidensi untuk Urusan Dua Masjid Suci (Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah) memutuskan untuk menyelenggarakan upacara pencucian Ka’bah sekali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 15 Muharram. Untuk tahun ini, pencucian Ka’bah dilaksanakan pada Kamis, 3 September kemarin, yang bertepatan dengan 15 Muharram 1442 H, dengan menggunakan protokol kesehatan mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung. 
 

Internasional

Kader Militan Nu Pemenang Lomba Adzan di Tokyo

Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di salah satu perusahaan kapal di Jepang dan bertempat tinggal di Hiroshima ini merekam aksinya untuk mengikuti lomba azan yang diadakan Baraya Viking Japan (komunitas pendukung Persib Bandung di Jepang).  Dengan sedikit edit video yang ia lakukan, warga Dusun Sukorejo, Desa/Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang Jawa Timur ini terpilih sebagai juara 1 lomba online ini.

Internasional

Nyata Peradaban Islam di Kota Tulln Australia

Tulln adalah kota kecil di Austria hilir (Lower Austria) dengan jarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota Austria, Wina. Berbeda dengan kota Wina yang ramai dengan bangunan tinggi yang relatif lebih banyak, juga hiruk pikuk aktivitas manusia dan suara kendaraan umum maupun pribadi, kota Tulln menawarkan panorama alam yang natural seperti taman bunga, taman bermain, sungai, hutan.

Internasional

Kabar baik dari Saudi Umroh akan dilaksanakan Secara Bertahap

Otoritas Arab Saudi mengumumkan akan mencabut larangan umrah dan kunjungan ke dua masjid suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) secara bertahap. Sebagaimana diketahui, Arab Saudi melarang pelaksanaan umrah, baik untuk warganya sendiri maupun non-Saudi, sejak Maret lalu untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). 

Internasional

Arab Saudi Kembali Buka Kegiatan Ibadah Umrah

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Mohammed Saleh Benten, mengatakan, pihaknya tengah mempelajari rencana tiga tahap untuk pemulihan pelaksanaan umrah secara bertahap.  

Selama fase pertama, warga Arab Saudi dan ekspatriat yang di wilayah Kerajaan akan diizinkan untuk menunaikan umrah. Namun pada fase ini kapasitas jamaah umrah hanya 40 persen dari kapasitas normal. Pada fase kedua, jumlah jamaah akan ditingkat menjadi 75 persen