Kasus PDN Dibobol Hacker, CBA Sebut Menteri Kominfo Tidak Tahu Malu Bila Tetap Menjabat 

Kasus PDN Dibobol Hacker, CBA Sebut Menteri Kominfo Tidak Tahu Malu Bila Tetap Menjabat 

Smallest Font
Largest Font

JAKARTA. beritakita.id,- Tanpa ada perlawanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika hanya bisa pasrah Pusat Data Nasional (PDN) Down atau dibobol Hacker.

Di awal membangun PDN pada tahun 2019, untuk belanja proyek jasa Konsultansi Penyusunan Roadmap Penyelenggaraan Pusat Data Nasional 2019-2024 saja menghabiskan biaya Rp. 506.890.000.

Kemudian, dari tahun 2019-2024 Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika sudah melakukan lelang 16 proyek untuk membangun PDN. Dari 16 proyek ini, alokasi anggaran yang akan digelontorkan mencapai Rp. 1,1 Triliun. Dan realisasi anggaran PDN dari 2019 - 2024 hanya mencapai sebesar Rp.972 miliar. 

Kemudian timbul pertanyaan, mengapa realisasi anggaran tidak bisa mencapai Rp.1.1 Triliun? Karena pada tahun 2021 ada satu proyek yang gagal lelang. Proyek tersebut adalah Jasa Konsultansi Manajemen Proyek Penyelenggaraan Pusat Data Nasional dengan alokasi sebesar Rp. 125.990.652.000.

Dari narasi diatas, kami dari CBA (Center For Budget Analisis) meminta kepada Menteri Komunikasi Dan Informatika Budi Arie Setiadi alias Munie untuk segera mundur sebagai Menteri. Tetapi sampai sekarang kelihatan Menteri Munie tenang-tenang saja, tanpa ada rasa bersalah sama sekali.

Padahal, kalau Menteri Munie masih punya rasa malu mesti sudah ikhlas untuk mundur dari jabatannya sejak adanya pengumuman PDN Down oleh Pemerintah. Tetapi Menteri Komunikasi dan Informatika tidak tahu malu, dan masih ingin menikmati fasilitas negara yang disediakan oleh sekretariat Jenderal Kominfo seperti sewa kendaraan dinas Menteri dan Wakil Menteri yang menghabiskan anggaran sebesar Rp. 756.704.000.

Selain itu, CBA juga meminta kepada KPK untuk membuka penyelidiki atas 16 proyek untuk membangun PDN di kementerian Komunikasi Dan Informatika. Dan langkah pertama untuk untuk membuka penyelidiki ini adalah panggil saja menteri Munie ke Kantor KPK.

Sumber: Uchok Sky Khadafi (Direktur CBA)

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author