Muslim Center of Excellence Diluncurkan, Ini Harapan Wapres Ma’ruf Amin
Share
Nasional

Muslim Center of Excellence Diluncurkan, Ini Harapan Wapres Ma’ruf Amin

Jakarta-BeritaKita.ID-Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Unilever menyelenggarakan Peluncuran Muslim Centre of Excellence (MCoE) pada Kamis (07/04). MCoE yaitu program kolaborasi KNEKS dan Unilever untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat inovasi produk halal bagi dunia internasional. Peluncuran MCoE Unilever diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI Bapak KH Ma'ruf Amin. 

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin mengaku optimis Indonesia berpeluang menjadi negara terbesar dengan sektor ekonomi dan keuangan syariah. Selama ini, kata mantan Ketua Umum MUI ini, terdapat potensi pasar yang dimiliki  penduduk muslim Indonesia. Pemerintah, lanjutnya, akan terus memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi syariah melalui pelibatan pihak perusahaan seperti Unilever.

“Pemerintah akan terus mendukung kegiatan positif semacam ini,” tutur Wapres Ma’ruf Amin. 

Sementara itu, menurut Menkeu Sri Mulyani yang juga Sekretaris KNEKS, kerjasama lembaga keuangan syariah dengan Unilever dapat mengembangkan ekosistem industri halal karena ada penguatan rantai pasokan dari hulu (industri kecil) ke hilir (pasar). 

"Saya sebagai menteri keuangan dan sekretaris KNEKS mengapresiasi kerjasama antara KNEKS dalam mengembangkan bisnis ekosistem industri halal dengan dunia usaha terutama hari ini dengan PT Unilever,”ujarnya. 

Kemudian, Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo, mengungkapkan, KNEKS berperan aktif sebagai konsolidator. Peran-peran tersebut misalnya terjalinnya kerjasama yang baik dan berkesinambungan antara pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan masyarakat dalam mengembangkan ekonomi syariah dan industri halal Indonesia. (Dea)