Dihadiri 74 Pesantren, Wali Kota Airin Bakal Pimpin Upacara Hari Santri di Pesantren Jagat Arsy
Share
Daerah

Dihadiri 74 Pesantren, Wali Kota Airin Bakal Pimpin Upacara Hari Santri di Pesantren Jagat Arsy

Jakarta,beritakita Upacara Hari Santri tingkat Kota Tangerang Selatan akan dipusatkan di Pesantren Jagat Arsy di Jl Pam No 21, Mekar Jaya, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Kamis (22/10). Wali Kota Tangerang Selatan, Hj Airin Rachmi Diany dijadwalkan hadir dan memimpin langsung apel hari santri yang diikuti 74 pesantren tersebut.

Panitia Hari Santri Kota Tangerang Selatan, Baejuri, mengatakan, panitia sudah bersilaturahim dengan Hj Airin perihal rencana tersebut. Kata dia, Ibu Wali Kota siap hadir dan memberikan sambutan sekaligus memimpinn jalannya upacara hari santri. 

Magister Pendidikan ini menambahkan,  segala persiapan telah dipersiapkan untuk menyambut kegiatan hari santri. Penyelenggaraan kegiatan hari santri, lanjut dia, berhasil dilaksanakan atas kerja sama Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) dan Kementerian Agama Tangsel. 
 
“Jumlah pesantren ada 74. Pesantren yang ada di bawah naungan FSPP dan RMI PCNU Tangsel ini telah kami berikan undangannya. Insyallah hadir dan ikut memeriahkan apel hari santri tahun 2020,” kata dia dihubungi NU Online di Jakarta, Selasa (20/10). 

Tak lupa seluruh rangkaian kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pesantren, kata Ustadz Baejuri, berkomitmen memutus mata rantai Covid-19. Dia berharap, kegiatan hari santri di Pesantren Jagat Arsy berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang berarti. 

“Saya beharap persatuan dan kesatuan antar santri dan antar pondok pesantren makin terjalin. Silaturahim makin nambah. Kemudian memperkokoh rasa nasionalisme terhadap NKRI,” tuturnya. 

Kemudian, di momentum hari santri ini dia ingin seluruh elemen mengetahui betapa besar jasa pesantren dan santri untuk kemajuan bangsa dan negara. Mudah-mudahan, apa yang diinginkan para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang aman damai dan makmur terealisasi. 


“Pada kesempatan ini juga nanti akan diumumkan pemenang lomba video kreatif oleh Ketua FSPP H Musihudin,” ujarnya. 

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang menjabat sejak 20 April 2011 terus memperkuat benteng akidah dan akhlak melalui pondok pesantren. Menurut alumnus Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung ini peran pondok pesantren untuk melahirkan generasi yang berilmu, cakap, dan memiliki akhlak sangat besar. Pesantren Jagat Arsy adalah pondok pesantren yang berkomitmen mendidik para santri agar memiliki ilmu pengetahuan yang cakap dan memiliki akhlak yang mulia. Pesantren modern ini mengintegrasikan kurikulum kajian kitab kuning dengan kurikulum sekolah internasional.

Sedangkan hari santri diperingati masyarakat Indonesia untuk mengingat lagi Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama 22 Oktober 1945. Kala itu jutaan santri dan kiai pondok pesantren nekat melawan penjajah Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Atas perjuangan itu, Belanda kocar-kacir ketakutan dan menyerahkan sepenuhnya kemerdekaan bangsa Indonesia.