Nasional

71 Berita
Nasional

Presiden RI : Selamat Hari Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan pada peringatan Hari Kartini 2021. Ucapan tersebut diunggahnya dalam akun Twitter resminya, @jokowi pada Rabu (21/4/2021).

Nasional

Jozeph Paul Zhang Di Tangkap! Terkait Penistaan Agama

Tim penyidik dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menetapkan Joseph Paul Zhang,  pria yang mengaku nabi ke-26 sebagai tersangka dugaan penodaan agama sejak Senin (19/4) kemarin.

Nasional

Tersangka Penganiayaan Perawat di Palembang Minta Maaf, Mengaku Kelelahan

Jason Tjakrawinata yang menganiaya seorang perawat RS Siloam Sriwijaya Palembang meminta maaf atas aksinya.

Ia mengaku emosi melihat tangan anaknya berdarah selepas mencabut jarum infus dan mengaku kelelahan karena berhari-hari merawat anaknya akibat peradangan paru-paru.

Nasional

Yusril dan Jimly Digadang-gadang Jadi Menteri Jokowi yang Baru

Salah seorang staff Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin bahkan menyebut reshuffle kabinet bakal dilakukan pekan ini. Namun, sumber dari dalam istana membantah pernyataan Ngabalin. Menurut dia, belum ada keputusan soal waktu diumumkannya menteri-menteri Jokowi yang baru. 

Nasional

Viral, Video Perawat Ditampar, Ditendang dan Disuruh Sujud, Netizen Salfok dengan Satpamnya  

“Suaminya datang sekitar pukul 2 siang, dan langsung bertanya perawat yang menindak anaknya, mana perawat tadi, perawat pun datang didampingi Duty Manager & Kepala Ruangan untuk menjelaskan kembali,” ucapnya.

Nasional

Vaksin Nusantara Diuji Coba di Indonesia Usai Dikembangkan di AS

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut bahwa Vaksin Nusantara tidak dikembangkan di Indonesia. Namun katanya, vaksin yang digagas oleh Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto itu dikembangkan di Amerika Serikat, dan diuji coba ke masyarakat Indonesia.

Nasional

BPOM: Semua Komponen Utama dalam Pengembangan Vaksin Nusantara di Impor dari AS

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.

Komponen yang dimaksud berupa antigen, Granulocyte-macrophage colony-stimulating factor (GM-CSF), medium pembuatan sel, dan alat-alat persiapan.

Nasional

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Bedanya Seragam Satpam yang Baru dengan Polisi

Baru-baru ini seragam satuan pengamanan (satpam) terlihat seperti seragam polisi. Kemiripan itu terlihat dari warna seragam satpam yang kini berwarna coklat muda untuk atasannya dan berwarna coklat tua untuk bawahannya.

Dulunya, seragam satpam berwarna putih untuk atasan dan biru gelap untuk bawahan. Adapun perubahan warna seragam satpam yang hampir mirip dengan seragam polisi memiliki payung hukum yang mengaturnya.

Nasional

Posting Foto Bersama Kiai Said, Ketum PB PMII Ungkap Silsilah Keluarga dan Visi Besar NU

Berdasarkan pengakuan Gus Abe, dia kerap memanggil Kiai Said dengan panggilan Kang Said. Alasannya karena masih ada ikatan saudara dari buyut. Ayah Kiai Said, KH Aqil Siraj merupakan saudara kandung buyut Gus Abe yang juga seorang kiai di Cirebon. 


“Prof Dr KH Said Aqil Siraj. Saya memanggil beliau Kang/Kakak (Kang Said). Karena buyut kami kakak beradik. Ayah beliau dari Pesantren Gedongan, Ibu nya dari Pesantren Kempek. Sedangkan Ayah saya dari Pesantren Buntet dan Ibu saya dari Pesantren Babakan Ciwaringin,” tulis Gus Abe melalui facbook pribadinya. 

Nasional

Respons Gempa Malang, Jokowi Ingatkan Masyarakat Soal Kesiapsiagaan Bencana

Informasi terkait gempa bumi yang terjadi di kawasan Jawa Timur tersebut sudah diterima Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia tersebut menyampaikan bela sungkawa dan mengintruksikan beberapa hal untuk masyarakat. 

"Saya sudah mendapatkan laporan mengenai gempa di Malang. Saya mengingatkan bahwaa kita berada di wilayah ring of fire (cincin api). Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat dan kapan saja," tutur presiden saat menyampaikan keterangan persnya, kemarin.

Nasional

Resmi! Tarif Bikin Baru dan Perpanjangan SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi dokumen wajib bagi yang menggunakan kendaraan bermotor. Berdasarkan aturan terbaru, masa berlaku SIM saat ini akan didasarkan pada waktu penerbitan, bukan lagi dari tanggal lahir pemilik.

Oleh sebab itu, pemilik SIM harus kembali teliti mengingat kapan SIM tersebut dicetak. Hal ini berdasarkan didasarkan pada surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019.

Nasional

Gempa Guncang Jawa Timur, BMKG: Tetap Tenang dan Ikuti Intruksi Kami

“Masyarakat tetap tenang dan mohon mengikuti instruksi yang diberikan, apalagi gempa tersebut tidak berpotensi tsunami,” melalui akun twitternya, Sabtu (10/4). 

Nasional

BWI Luncurkan Wakaf Super Aplikasi, Wakaf Kini Lebih Efisien dan Praktis

Dalam sambutannya, Teguh Saptono mengatakan, diluncurkannya wakaf super aplikasi untuk merespoms perkembangan zaman. Selain itu, adanya platform anyar milik BWI ini dapat mempermudah publik serta memperkuat sistem. Paling penting, katanya, dengan adanya Wakaf Super Apps tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih tertarik untuk melakukan wakaf.

“Wakaf merupakan pilar ekonomi umat, meskipun platform ini belum sempurna, namun harus tetap kami kembangkan biar menjadi platform sakti, agar dunia digital tidak hanya di isi oleh perbuatan-perbuatan saling tuduh, judge, namun juga mengajak kebaikan seperti wakaf,” ujar dia.

Nasional

Ini 7 Fakta Gempa yang Mengguncang Malang!

Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan gempa yang terjadi di Malang, berdekatan dengan pusat gempa yang sempat merusak Jawa timur ratusan tahun lalu.

Nasional

Harapan Kepala BRGM untuk Para Pejabat yang Baru Dilantik

Menurut Hartono, tugas yang dijalankan BRGM sangat berat namun tidak boleh dijadikan beban. Semuanya adalah tantangan yang ringan untuk dihadapi. Ia meminta kepada semua pejabat untuk bekerja dengan cara yang tidak biasa. Hal itu dapat diwujudkan dengan kreatifitas dan ketepatan.

“Galang semua potensi masyarakat untuk ikut serta mempercepat restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove. Selain itu, konsolidasikan capaian restorasi gambut, integrasikan kerja restorasi yang telah dilaksanakan penanggung jawab usaha dengan restorasi yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Sudah bukan saatnya kita bekerja sendiri, namun perlu menggalang kerja sama dengan berbagai pihak dengan baik,” kata Hartono.

Nasional

Mundur 1 Tahun, Akhirnya Circuit Mandalika Resmi Gelar MotoGP Pada Tahun 2022

MotoGP Indonesia pada 2021 di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat dipastikan gagal. Indonesia baru akan menjadi tuan rumah pada MotoGP 2022.

Sebab, pemerintah Indonesia menargetkan pada akhir 2021 program vaksinasi Covid-19. Harapannya, balapan MotoGP Indonesia pada 2022 di Sirkuit Mandalika bisa disaksikan penonton dengan jumlah maksimal.

Nasional

Muslim Center of Excellence Diluncurkan, Ini Harapan Wapres Ma’ruf Amin

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin mengaku optimis Indonesia berpeluang menjadi negara terbesar dengan sektor ekonomi dan keuangan syariah. Selama ini, kata mantan Ketua Umum MUI ini, terdapat potensi pasar yang dimiliki  penduduk muslim Indonesia. Pemerintah, lanjutnya, akan terus memfasilitasi kolaborasi lintas sektor dalam mengembangkan ekonomi syariah melalui pelibatan pihak perusahaan seperti Unilever.

“Pemerintah akan terus mendukung kegiatan positif semacam ini,” tutur Wapres Ma’ruf Amin. 

Nasional

Sosialisasi I-KHub BNPT Perkuat Peran OMS dan Pemda dalam Penanggulangan Ekstremisme

"Perlu diingat bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjawab tantangan seputar cara dan instrumen kebijakan yang dibutuhkan dalam menangani pikiran ekstremisme berbasis kekerasan serta mengembalikan mereka kedalam masyarakat," ujar dia saat membuka kegiatan. 

Nasional

Begini Cara Mendaftar Penerima BLT UMKM Sebesar Rp 1,2 Juta

Berikut cara dan syarat mencairkan bantuan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).

Peserta nantinya akan mendapat Rp 1,2 juta.

Nasional

Resmi Menjadi Pasutri, Segini Mahar Pernikahan yang Diberikan Atta kepada Aurel

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah akhirnya resmi menjadi pasangan suami istri per hari ini, Sabtu (3/4/2021).

Keduanya menggelar akad nikah di Hotel Raffles, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.00 WIB. Anang Hermansyah secara langsung menikahkan putrinya.

Dalam proses ijab kabul itulah, terungkap mahar pernikahan yang diberikan Atta Halilintar kepada Aurel. Atta tak memberikan mahar berupa perhiasan ke Aurel. Dia memberikan seperangkat alat salat dan uang tunai yang jumlahnya sama dengan tanggal akad nikah mereka, Rp342.021.

Nasional

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Jadi Saksi Nikah Atta-Aurel

Tak hanya itu, saksi pada pernikahan selebrita tanah air ini yakni orang nomor satu di Indonesia yakni Presiden Joko Widodo. Mantan Gubernur DKI tersebut menjadi saksi mempelai pria. Sedangkan saksi dari mempelai wanita yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra.

Bertempat di Hotel Raflles Jakarta, pembacaan ijab kabul oleh Atta Halilintar berlangsung lancar. Penyanyi yang juga artis kenamaan Anang Hermansyah sebagai ayah dari Aurel Hermansyah turut menjadi wali nikah. 

“Saudara Muhammad Attamimi Halilintar saya nikahkan, saya kawinkan anak kandung saya Titania Aurelie Nur Hermansyah dengan maskawin seperangkat alat shalat dan uang Rp 324.021 dibayar tunai,” kata Anang. 

“Saya terima nikahnya Titania Aurelie Nur Hermansyah dengan maskawin dengan maskawin tersebut  tunai,” jawab Atta

Nasional

CARA KLAIM Diskon Listrik 50 Persen April 2021, Langsung saat Beli, Tak Perlu Ribet ke Laman Login www.pln.co.id

Simak cara dapat diskon listrik 50 persen PLN bulan April 2021.

Kini, pemberian stimulus listrik PLN dapat diperoleh saat pembelian token listrik.

Jadi, Anda tak lagi mengakses situs PLN di www.pln.co.id.

Nasional

Kemenag Susun 6 Skenario Ibadah Haji 2021 Berbasis Kuota Jemaah

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementrian Agama, Ramadhan Harisman mengatakan pihaknya telah menyiapkan enam skenario penyelenggaraan haji 1442H / 2021 berbasis kuota untuk menghadapi penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Skenario itu telah disusun tim manajemen bentukan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada akhir Desember 2020.

Nasional

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Siapkah Indonesia Membuka Sekolah Untuk Pembelajaran Tatap Muka?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbub) Nadiem Makarim memutuskan untuk mewajibkan pembelajaran tatap muka kepada sekolah usai para pendidik dan tenaga kependidikannya telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Nasional

Api Kilang di Balongan Masih Berkobar, Diprediksi Padam 3 Hari!

Kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, sejak Senin (29/3) dini hari belum padam hingga kini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu memprediksi kebakaran tersebut akan padam dalam tiga hari.

Nasional

Tahan Pelaku Bom Bunuh Diri yang Hendak Masuk, Petugas Gereja Katedral Makassar Terkena Ledakan

Petugas keamanan Gereja Katedral Makassar turut terkena ledakan bom saat pelaku mencoba masuk.

Seperti diketahui, ledakan bom bunuh diri terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan pada Minggu (28/3/2021) pagi.

Nasional

Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Gempar, Indonesia Ajak Umat Tetap Tenang dan Tunjukkan Kasih

Terjadi peristiwa ledakan di depan gerbang Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021) pagi.

Berdasarkan keterangan dari Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Merdisyam, ledakan berasal dari seorang yang diduga melakukan aksi bom bunuh diri.

Nasional

Mudik Lebaran Dilarang! Tapi Hanya Berlaku 6-17 Mei 2021

Pemerintah memutuskan kembali melarang mudik lebaran di tengah pandemi virus corona (Covid-19) pada tahun ini. Namun, larangan mudik lebaran kali ini tak berlangsung dari awal Ramadan.

Nasional

NEWS : Tilang Elektronik Berlaku di 12 Provinsi, Bagaimana Mekanismenya?

Era tilang manual dengan slip merah dan biru bakal tamat. Polisi kini resmi memberlakukan aturan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di 12 Polda.

Nasional

Nahkoda Baru PMII, Kombinasi Kesultanan Cirebon dan Banten


Untuk diketahui, nahkoda baru organisasi mahasiswa Nahdlatul Ulama ini merupakan putra putri terbaik asal Cirebon, Jawa Barat (Abdullah Syukri) dan Serang, Banten. (Maya Muzatil Lutfillah). Dua daerah tersebut merupakan dua wilayah kesultanan. Sultan di dua wilayah itu yakni Syarif Hidayatullah. Peran Syarif Hidayatullah sangat penting dalam menjadikan Kerajaan Cirebon sebagai kesultanan.

 

Sementara Serang Banten merupakan daerah penyebaran Islam oleh anak dari Syarif Hidayatullah yakni Sultan Maulana Hasanudin. Atas peran anak dari Syarif Hidayatullah tersebut Banten berdiri kokoh menjadi salah satu daerah kesultanan yang patut diperhitungkan di Pulau Jawa. 

Nasional

Pasca Laga Persahabatan Dewa Kipas dan Irene Sukandar, Game Catur Kian Diminati

Permainan catur yang ditayangkan secara langsung di podcast Deddy Corbuzier tersebut memberikan dampak positif untuk masyarakat pecinta catur. Secara tiba-tiba, masyarakat kian menyukai permainan catur yang sempat tenggelam oleh games modern berbasis digital.

“Berkat pertandingan itu saya semakin berminat main catur lagi. Saya sudah donload games catur di playstore,” kata Ary seorang warga Jakarta, Rabu (23/3).

Dilihat BeritaKita, sampai saat ini pengunduh permainan catur di playstore sudah mencapai 10 juta lebih. Games ini pun menjadi games yang disarankan oleh aplikasi, saking banyaknya pencarian games catur di playstore tersebut.

Nasional

Kasus Positif dan Kematian Akibat Covid-19 Kembali Meningkat Dalam Sepekan, Juru Bicara Satgas Covid-19 Angkat Bicara

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan kasus positif Covid-19 mengalami peningkatan sebesar 2,3 persen pada periode 15 hingga 21 Maret 2021. Padahal, pada pekan lalu, kasus positif Covid-19 sempat menurun sebesar 11,62 persen.

Nasional

Dituding Mengandung Babi, Pemerintah Jamin Vaksin Astrazeneca Aman untuk Digunakan

"Pengembangan vaksin itu lama terjadi dan prosesnya memerlukan tahapan yang detail salah satunya dengan enzim sebagai katalisator. Kebetukan enzim katalisatornya adalah tripsin yang memang sumbenya ada dari babi dan ada juga yang bukan dari seperti itu."kata Wiku.

Nasional

Curhat Jokowi ke PMII: Banyak Organisasi Tergilas Zaman

"Perubahan selalu tidak ramah bagi yang tidak siap berubah, dan berhenti belajar. Banyak organisasi, Ini banyak, banyak organisasi harus rela digilas perubahan," katanya dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/3).

Nasional

Ini Pengakuan Pelaku Pembobolan Rumah Mewah Kedoya!

Kasus pembobolan rumah mewah di kawasan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat terungkap. Pelaku mengaku menggunakan jasa bongkar bangunan untuk mengambil material ubin, kusen, hingga pintu.

Nasional

Konsisten Melayani Anggota dan Kaum Dhuafa, Kopsyah BMI Tambah Dua Armada Ambulan

Koperasi Benteng Mikro Indonesia (BMI) terus mewujudkan peran dan fungsi sosialnya di tengah anggota dan masyarakat. Tidak peduli dalam keadaan pandemi sekalipun, Koperasi BMI terus mengukuhkan entitasnya sebagai koperasi sosiopreneur.

Jumat (8/1) siang, Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara meluncurkan dua unit armada baru ambulan gratis untuk anggota dan masyarakat dhuafa. Ambulan gratis yang berasal dari Ziswaf BMI akan memberikan pelayanan pengantaran pasien dari rumah sakit ke rumah atau sebaliknya.

Nasional

Lagi, Ulama Nusantara yang ke Sekian Kalinya Tutup Usia

Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Alhabib Ali bin Abdurrahman Assegaf (Tebet, Jakarta Selatan) meninggal dunia. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf yang biasa dipanggil Sayyidil Walid ini wafat pada Jumat (15/1) petang, 16.10 WIB, di RS Holistik, Purwakarta, Jawa Barat.

Habib Ali adalah pengasuh Majelis Taklim wal Mudzakarah Al-Afaf, Jalan Tebet Utara, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Habib Ali merupakan putra ulama besar Almaghfurlah Habib Abdurrahman Assegaf. "Habib, walidi ghad tuwuffiya bib. Masya Allah, bib, doain, bib," kata Habib Ahmad Assegaf dengan suara terisak.

Nasional

Wasiat Syekh Ali Jaber Sebelum Wafat

Kalian pasti sudah mendengar kabar duka tentang meninggalnya Syekh Ali Jaber. Pendakwah yang dikenal dengan tutur katanya yang santun tersebut meninggal dunia pada Kamis pagi (14/1/2021).

Syekh Ali Jaber meninggal dalam kondisi negatif COVID-19. Seperti Bunda ketahui, Syekh Ali Jaber sempat dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus corona COVID-19.

Kamis sore, jasad Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pondok Pesantren Daarul Quran, Cipondoh, Tangerang. Pondok Pesantren Daarul Quran diketahui merupakan milik Ustaz Yusuf Mansur.

Nasional

KH A Yasin Asmuni, Kyai Produktif Asal Kediri itu Tutup Usia

Innalillahi wainna ilahi rajiun. Kembali dunia pesantren dan Nahdlatul Ulama berduka. Kali ini yang wafat adalah KH A Yasin Asmuni, tepatnya Senin (11/1) bakda Shubuh.

Kepastian wafatnya kiai kelahiran 1963 tersebut beredar luas di media sosial, termasuk grup WhatsApp. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Guru saya, motivator saya, KH Yasin Asymuni, Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Pethuk Semen Kediri ‘irtahala ila rafiqil a'la’, kapundut dateng ngersane Allah," demikian bunyi sebaran kabar yang diterima.

Nasional

Ketum Ma'arif NU: Matematika sebagai Pembekalan Siswa Berfikir Kritis

Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Nadhlatul Ulama H Arifin Junaidi menyebut pelajaran Matematika mengajarkan siswa berpikir logis. Karenanya, para guru Matematika harus terus meningkatkan model pembelajaran yang mudah dan cepat dipahami agar pelajaran ini semakin diminati.

"Matematika membekali mereka kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis serta kemampuan kerja sama karena ada nalar yang kritis," kata H Arifin Junaidi saat membuka kegiatan pelatihan Olimpiade Matematika yang digelar secara virtual, Senin (11/1).

Nasional

Dituntut Multitalent, Perempuan Bisa Bangkitkan Desa Wisata

Seperti koordinator pengelolaan desa wisata maupun memberikan inovasi pengembangan produk kerajinan yang ada di desa wisata.

"Perempuan harus bangkit dalam melawan pandemi dengan menunjukan potensi kepemimpinan maupun kreatifitas yang dapat diasah melalui program inspiratif seperti webinar ini contohnya," ujar Inge Setiawati, Jakarta, Rabu, (09/12/2020).

Nasional

Penguasaan Mapel MIPA Ternyata Mampu Beri Solusi Kehidupan

Di dunia pendidikan dasar dan menengalh, Bahasa Inggris, Matematika serta Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) masih menjadi mata pelajaran yang dinilai relevan dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini.

Sebab itu, lembaga pendidikan di Indonesia terus mengembangkan model pelatihan dari mata pelajaran tersebut. Pelatihan diselenggarakan semata agar siswa-siswi di sekolah memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang Bahasa Inggris dan MIPA.

Nasional

Kamu Santri? Ada Tips Studi ke Korea Selatan Nih

Selain terkenal karena budayanya, Korea Selatan masih menjadi salah satu destinasi belajar favorit masyarakat Indonesia untuk belajar di luar negeri. Ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan baik untuk kunjungan kampus (university visit and short course) dan belajar akademik formal di negeri ginseng tersebut.

Sebagai ikhtiar membantu lebih banyak lagi santri Indonesia untuk belajar di Korea Selatan, Santri Mengglobal menggelar webinar bertajuk Online Mentoring Belajar di Korea: Pengalaman Studi di Korea Selatan dan Tips Meraih Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS), Jumat (8/1).

Nasional

Disertasi Wadek UIN Semarang di Uji Ketum PBNU

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Amin Farih berhasil menyandang gelar doktor ke-151 UIN Semarang setelah mempertahankan disertasi berjudul Respons Muhammad bin Alawy Al-Māliky terhadap Politik Hukum Islam di Saudi Arabia. Amin Farih mendapatkan predikat memuaskan saat menjalani sidang promosi doktor pada Selasa (5/1) lalu.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj turut menjadi penguji pada sidang disertasi di Pascasarjana Studi Islam UIN Walisongo tersebut. Selain Ketum PBNU, penguji disertasi tersebut yakni Muhyar Fanani, Mohamad Arja Imroni, dan Hasan Asy'ari Ulama'i.

Nasional

PBNU Berharap Pemerintah Terbuka Menyoal Hasil Uji Klinis Tiga Vaksin Sinovac

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi keputusan pemerintah yang menggratiskan biaya vaksinasi Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Terutama kepada Presiden Joko Widodo yang juga telah menyatakan siap menjadi orang pertama yang divaksin. Namun, PBNU masih akan terus meminta pemerintah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang belum selesai diantaranya terkait keterbukaan dan kejelasan hasil uji klinis fase 3 vaksin Sinovac dan prioritas penerima vaksin usia 18-59 tahun

Nasional

Meredam Aksi Teror dengan Paham Islam Wathaniyah, PR Pemerintah

Aksi terorisme di Indonesia setiap tahun terus saja muncul, sudah banyak korban berjatuhan akibat aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama ini. Salah satu pengaruh hadirnya gerakan-gerakan radikal di Indonesia yakni pemahaman dia terhadap ajaran agama.

Islam sendiri selalu saja menjadi agama yang kerap dipojokkan oleh kalangan tertentu disebabkan para pelaku teroris yang mengaku sebagai pemeluknya. Padahal, aksi kekerasan yang meluluhlantahkan negeri ini tidaklah sesuai dengan ajaran Islam itu sendiri.

Nasional

Tingkatkan Produktifitas Penjualan dengan Digital Marketing

Menjalankan usaha di era modern seperti saat ini dibutuhkan keterampilan khusus agar meraih keuntungan yang lebih menggiurkan. Keterampilan tersebut di antaranya adalah kemampuan mengoperasikan internet untuk memasarkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) secara digital.

Menurut Divisi Strategi Pemasaran AdAsia Holding Adinda Julia, ada hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan menjual produk-produk UMKM di internet. Kata dia, kita harus dapat membaca terlebih dahulu berapa persentasi pengguna internet di Indonesia.

Nasional

Gerakan Populis Atas Nama Agama Semoga Tak Hadir di Tahun 2021

Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai dengan 2020, masyarakat Indonesia dihadapkan dengan gerakan-gerakan politik yang dibalut dan mengatasnamakan agama tertentu. Gerakan itu mengakibatkan masyarakat semakin terkotak-kotak. Bahkan, kekisruhan terus terjadi sebab fanatisme dan ujaran kebencian kerap dimunculkan pada gerakan populis tersebut.

Ketua Umum Forum Satu Bangsa Hery Heryanto Azzumi berharap, gerakan-gerakan tersebut tidak lagi terjadi pada tahun 2021. Sebagai negara demokrasi, masyarakat tentu diperbolehkan menyampaikan pendapatnya di muka umum.

Nasional

Krapyak Berduka, PBNU: Sholat Gaib Untuk KHR. Najib Abdul Qodir

Innaa lillahi wa innaa ilaihi rajiun. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta KHR Muhammad Najib Abdul Qodir wafat di Yogyakarta pada Senin (4/1) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada segenap pengurus NU di seluruh tingkatan agar dapat melaksanakan shalat ghaib untuk almarhum.

Nasional

NU Online-BRG Gandeng Perempuan Praktisi UMKM Stabilkan Kesehatan Lingkungan

Sebagai platform media elektronik milik Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kehadiran NU Online diakui telah memberikan warna tersendiri terhadap akses berita-berita keislaman dan wawasan kebangsaan yang mengarah kepada munculnya kesadaran masyarakat untuk bersikap arif terhadap lingkungan.

NU Online berkomitmen terus menerapkan prinsip Islam rahmatan lil alamin, Islam yang tidak ramah kepada sesama umat manusia tetapi peduli kepada semua ekosistem yang ada di darat, laut dan udara. Cara-cara itu dilakukan NU Online melalui berbagai metode dan pendekatan.