Nasional

13 Berita
Nasional

Hari Ayah dan Sejarahnya

Pada setiap 12 November diperingati Hari Ayah Nasional. Peringatan ini bermula atas prakarsa dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Saat PPIP merayakan peringatan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu pada 2014, di akhir acara sebagian besar peserta lomba menanyakan kapan penyelenggaraan lomba menulis surat untuk Hari Ayah. Para peserta tersebut, menilai sosok ayah juga menjadi bagian penting dalam keluarga.

Nasional

Rutinitas Ustadz Yusuf Mansyur Sebelum Ceramah

Pendakwah memiliki caranya tersendiri ketika mau berceramah atau ketika hendak menghadapi jamaahnya di majelis ilmu. Cara-cara itu tentu bagian dari upaya para pendakwah agar jamaah yang menjadi peserta pengajian diberikan ketulusan hati menerima ilmu yang disampaikan penceramah. 

Nasional

Jihad Santri Saat ini adalah Jihad Kesehatan

Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, KH Nasaruddin Umar ikut memberikan harapan pada peringatan Hari Santri tahun 2020. Dalam suasana Covid-19 ini, santri, katanya, harus menjadi pelopor kesehatan bagi masyarakat misalnya saja mengajak secara bersama-sama warga untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak (3M). 

Nasional

Definisi Santri dalam Dua Bahasa Menurut Gus Rifkil Muslim

“Naib disini penerus bukan pengganti. Karena kalau pengganti dia akan mengganti segala kebijakan gurunya, kalau penerus dia meneruskan, kebijakan yang ada diistikomahkan,” tutur Gus Rifkil saat menjadi pembicara. 

Nasional

Maulid Nabi Jatuh pada Rabu malam 28 Oktober

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan awal bulan Rabiul Awal 1442 H jatuh pada Ahad (18/10).   "Awal Rabiul Awal 1442 H bertepatan dengan hari Ahad Pahing (mulai malam Ahad), 18 Oktober 2020," kata Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa melalui rilis yang diterima NU Online pada Ahad (18/10) pagi. 

Nasional

PBNU Sampaikan Pasal Ciptaker yang diprotes Masyarakat

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dan Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar menemui Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (15/10) malam.

Nasional

Santri Harus Mampu Bersaing di Era Media Sosial

Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengatakan bahwa di era modern saat ini dibutuhkan para santri yang pintar dan cerdas. Pintar dalam menguasai ilmu agama dan cerdas dalam memahami kondisi zaman, beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi persoalan dengan cara-cara kekinian. 

Nasional

Penyuntikan Vaksin covid-19 bulan November?

Pemerintah Republik Indonesia menargetkan mengamankan 350 juta dosis vaksin untuk disuntikan kepada 170 penduduk Indonesia tahun ini. Kegiatan vaksinasi oleh pemerintah dijadwalkan pada November tahun ini. Total sudah ada 213,1 juta dosis vaksin yang telah dipesan pemerintah kepada produsen vaksin asal China dan Inggris. Berdasarkan penelusuran NU Online, dari tiga produsen vaksin China, Indonesia sudah mendapatkan komitmen 18,1 juta dosis vaksin khusus tahun ini, meliputi Cansino dengan jumlah 100 ribu dosis vaksin (single dose), G42/Sinopharm 15 juta dosis vaksin (dual dose) dan Sinovac 3 juta dosis vaksin. 

Nasional

Pilkada di Masa Pandemi Rawan Money Politik

Pengamat Politik Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Muhtar Said menilai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah Covid-19 rawan terjadi politik uang. Menurutnya, ketidak mauan pemilih pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disebabkan rasa takut kepada Covid-19 menjadi pemicu politik uang tersebut dilakukan para pasangan calon. Untuk menghindari itu, penyelenggara pemilu yakni Bawaslu harus dapat memastikan pengawasan di lapangan benar-benar maksimal. Bawaslu harus jeli mengantisipasi segala kemungkinan yang sulit dihindari. 

Nasional

Kemendikbud Pastikan Kuota untuk Pelajar dan Mahasiswa Diberikan Sepenuhnya

Menurut Hasan, Kemendikbud melibatkan pihak telekomunikasi agar program tersebut berjalan secara maksimal sehingga kebijakan PJJ memberikan dampak positif untuk peserta didik dan tenaga pendidik yang menjadi tanggung jawab Kemendikbud. Melihat fakta di lapangan, lanjutnya, jumlah subsidi kuota yang diberikan pemerintah lebih dari cukup untuk kegiatan belajar mengajar.  

Nasional

Bahaya Covid-19 Yang Sangat Mengerikan

Kasus harian Covid-19 telah menembus angka 3 ribu pada 28 Agustus 2020. Tren kasus terus menunjukkan kenaikan. Dari sebelumnya, 100, 300, 700, 1.000, dan 2.000-an sampai akhirnya menembus 3.000. Kita tak tahu sampai kapan titik puncaknya. 

 

Nasional

Cara Ampuh saat ini adalah dengan Memakai Masker dan Patuhi Protokol Kesehatan

Satgas  NU Peduli Covid-19 dr Muhammad Makky Zam-zami mengemukakan bahwa saat ini, cara agar tetap aman dan terhindar dari Covid-19 adalah menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan. Masker dan protokol kesehatan menurutnya adalah cara ampuh yang bisa berpengaruh positif untuk tubuh manusia. “Vaksin memerlukan waktu, artinya tidak serta merta langsung kita mendapatkan vaksin.

Nasional

Hadapi Jurang Resesi melalui Kegiatan Ekonomi Berbasis Perdesaan Gambut

Potensi Indonesia menghadapi jurang resesi sangat besar, realiasi kinerja perekonomian pada kuartal III menjadi pertaruhan. Karena itu perlu disiapkan Langkah-langkah strategis agar perekonomian Indonesia tetap tumbuh di tengah arus Covid-19 yang begitu massif.

Jauh sebelum Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, Badan Restorasi Gambut (BRG) RI telah melakukan kegiatan ekonomi berbasis perdesaan gambut. Masyarakat yang hidup di kawasan hidrologis gambut diberdayakan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani.

Pun ketika Pandemi melanda, BRG semakin intensif memberikan pelatihan dan tekhnik fasilitasi usaha kepada masyarakat di perdesaan gambut melalui penguatan program Desa Peduli Gambut (DPG) yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu. Tujuan penguatan DPG tersebut agar  masyarakat mampu mengendalikan setiap dampak ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19.