Nasional

36 Berita
Nasional

Konsisten Melayani Anggota dan Kaum Dhuafa, Kopsyah BMI Tambah Dua Armada Ambulan

Koperasi Benteng Mikro Indonesia (BMI) terus mewujudkan peran dan fungsi sosialnya di tengah anggota dan masyarakat. Tidak peduli dalam keadaan pandemi sekalipun, Koperasi BMI terus mengukuhkan entitasnya sebagai koperasi sosiopreneur.

Jumat (8/1) siang, Presiden Direktur Koperasi BMI Kamaruddin Batubara meluncurkan dua unit armada baru ambulan gratis untuk anggota dan masyarakat dhuafa. Ambulan gratis yang berasal dari Ziswaf BMI akan memberikan pelayanan pengantaran pasien dari rumah sakit ke rumah atau sebaliknya.

Nasional

Lagi, Ulama Nusantara yang ke Sekian Kalinya Tutup Usia

Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Alhabib Ali bin Abdurrahman Assegaf (Tebet, Jakarta Selatan) meninggal dunia. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf yang biasa dipanggil Sayyidil Walid ini wafat pada Jumat (15/1) petang, 16.10 WIB, di RS Holistik, Purwakarta, Jawa Barat.

Habib Ali adalah pengasuh Majelis Taklim wal Mudzakarah Al-Afaf, Jalan Tebet Utara, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan. Habib Ali merupakan putra ulama besar Almaghfurlah Habib Abdurrahman Assegaf. "Habib, walidi ghad tuwuffiya bib. Masya Allah, bib, doain, bib," kata Habib Ahmad Assegaf dengan suara terisak.

Nasional

Wasiat Syekh Ali Jaber Sebelum Wafat

Kalian pasti sudah mendengar kabar duka tentang meninggalnya Syekh Ali Jaber. Pendakwah yang dikenal dengan tutur katanya yang santun tersebut meninggal dunia pada Kamis pagi (14/1/2021).

Syekh Ali Jaber meninggal dalam kondisi negatif COVID-19. Seperti Bunda ketahui, Syekh Ali Jaber sempat dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus corona COVID-19.

Kamis sore, jasad Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pondok Pesantren Daarul Quran, Cipondoh, Tangerang. Pondok Pesantren Daarul Quran diketahui merupakan milik Ustaz Yusuf Mansur.

Nasional

KH A Yasin Asmuni, Kyai Produktif Asal Kediri itu Tutup Usia

Innalillahi wainna ilahi rajiun. Kembali dunia pesantren dan Nahdlatul Ulama berduka. Kali ini yang wafat adalah KH A Yasin Asmuni, tepatnya Senin (11/1) bakda Shubuh.

Kepastian wafatnya kiai kelahiran 1963 tersebut beredar luas di media sosial, termasuk grup WhatsApp. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Guru saya, motivator saya, KH Yasin Asymuni, Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Pethuk Semen Kediri ‘irtahala ila rafiqil a'la’, kapundut dateng ngersane Allah," demikian bunyi sebaran kabar yang diterima.

Nasional

Ketum Ma'arif NU: Matematika sebagai Pembekalan Siswa Berfikir Kritis

Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Nadhlatul Ulama H Arifin Junaidi menyebut pelajaran Matematika mengajarkan siswa berpikir logis. Karenanya, para guru Matematika harus terus meningkatkan model pembelajaran yang mudah dan cepat dipahami agar pelajaran ini semakin diminati.

"Matematika membekali mereka kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis serta kemampuan kerja sama karena ada nalar yang kritis," kata H Arifin Junaidi saat membuka kegiatan pelatihan Olimpiade Matematika yang digelar secara virtual, Senin (11/1).

Nasional

Dituntut Multitalent, Perempuan Bisa Bangkitkan Desa Wisata

Seperti koordinator pengelolaan desa wisata maupun memberikan inovasi pengembangan produk kerajinan yang ada di desa wisata.

"Perempuan harus bangkit dalam melawan pandemi dengan menunjukan potensi kepemimpinan maupun kreatifitas yang dapat diasah melalui program inspiratif seperti webinar ini contohnya," ujar Inge Setiawati, Jakarta, Rabu, (09/12/2020).

Nasional

Penguasaan Mapel MIPA Ternyata Mampu Beri Solusi Kehidupan

Di dunia pendidikan dasar dan menengalh, Bahasa Inggris, Matematika serta Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) masih menjadi mata pelajaran yang dinilai relevan dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini.

Sebab itu, lembaga pendidikan di Indonesia terus mengembangkan model pelatihan dari mata pelajaran tersebut. Pelatihan diselenggarakan semata agar siswa-siswi di sekolah memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang Bahasa Inggris dan MIPA.

Nasional

Kamu Santri? Ada Tips Studi ke Korea Selatan Nih

Selain terkenal karena budayanya, Korea Selatan masih menjadi salah satu destinasi belajar favorit masyarakat Indonesia untuk belajar di luar negeri. Ini bisa dilihat dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan baik untuk kunjungan kampus (university visit and short course) dan belajar akademik formal di negeri ginseng tersebut.

Sebagai ikhtiar membantu lebih banyak lagi santri Indonesia untuk belajar di Korea Selatan, Santri Mengglobal menggelar webinar bertajuk Online Mentoring Belajar di Korea: Pengalaman Studi di Korea Selatan dan Tips Meraih Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS), Jumat (8/1).

Nasional

Disertasi Wadek UIN Semarang di Uji Ketum PBNU

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Amin Farih berhasil menyandang gelar doktor ke-151 UIN Semarang setelah mempertahankan disertasi berjudul Respons Muhammad bin Alawy Al-Māliky terhadap Politik Hukum Islam di Saudi Arabia. Amin Farih mendapatkan predikat memuaskan saat menjalani sidang promosi doktor pada Selasa (5/1) lalu.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj turut menjadi penguji pada sidang disertasi di Pascasarjana Studi Islam UIN Walisongo tersebut. Selain Ketum PBNU, penguji disertasi tersebut yakni Muhyar Fanani, Mohamad Arja Imroni, dan Hasan Asy'ari Ulama'i.

Nasional

PBNU Berharap Pemerintah Terbuka Menyoal Hasil Uji Klinis Tiga Vaksin Sinovac

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi keputusan pemerintah yang menggratiskan biaya vaksinasi Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Terutama kepada Presiden Joko Widodo yang juga telah menyatakan siap menjadi orang pertama yang divaksin. Namun, PBNU masih akan terus meminta pemerintah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang belum selesai diantaranya terkait keterbukaan dan kejelasan hasil uji klinis fase 3 vaksin Sinovac dan prioritas penerima vaksin usia 18-59 tahun

Nasional

Meredam Aksi Teror dengan Paham Islam Wathaniyah, PR Pemerintah

Aksi terorisme di Indonesia setiap tahun terus saja muncul, sudah banyak korban berjatuhan akibat aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama ini. Salah satu pengaruh hadirnya gerakan-gerakan radikal di Indonesia yakni pemahaman dia terhadap ajaran agama.

Islam sendiri selalu saja menjadi agama yang kerap dipojokkan oleh kalangan tertentu disebabkan para pelaku teroris yang mengaku sebagai pemeluknya. Padahal, aksi kekerasan yang meluluhlantahkan negeri ini tidaklah sesuai dengan ajaran Islam itu sendiri.

Nasional

Tingkatkan Produktifitas Penjualan dengan Digital Marketing

Menjalankan usaha di era modern seperti saat ini dibutuhkan keterampilan khusus agar meraih keuntungan yang lebih menggiurkan. Keterampilan tersebut di antaranya adalah kemampuan mengoperasikan internet untuk memasarkan produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) secara digital.

Menurut Divisi Strategi Pemasaran AdAsia Holding Adinda Julia, ada hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan menjual produk-produk UMKM di internet. Kata dia, kita harus dapat membaca terlebih dahulu berapa persentasi pengguna internet di Indonesia.

Nasional

Gerakan Populis Atas Nama Agama Semoga Tak Hadir di Tahun 2021

Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai dengan 2020, masyarakat Indonesia dihadapkan dengan gerakan-gerakan politik yang dibalut dan mengatasnamakan agama tertentu. Gerakan itu mengakibatkan masyarakat semakin terkotak-kotak. Bahkan, kekisruhan terus terjadi sebab fanatisme dan ujaran kebencian kerap dimunculkan pada gerakan populis tersebut.

Ketua Umum Forum Satu Bangsa Hery Heryanto Azzumi berharap, gerakan-gerakan tersebut tidak lagi terjadi pada tahun 2021. Sebagai negara demokrasi, masyarakat tentu diperbolehkan menyampaikan pendapatnya di muka umum.

Nasional

Krapyak Berduka, PBNU: Sholat Gaib Untuk KHR. Najib Abdul Qodir

Innaa lillahi wa innaa ilaihi rajiun. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta KHR Muhammad Najib Abdul Qodir wafat di Yogyakarta pada Senin (4/1) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginstruksikan kepada segenap pengurus NU di seluruh tingkatan agar dapat melaksanakan shalat ghaib untuk almarhum.

Nasional

NU Online-BRG Gandeng Perempuan Praktisi UMKM Stabilkan Kesehatan Lingkungan

Sebagai platform media elektronik milik Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kehadiran NU Online diakui telah memberikan warna tersendiri terhadap akses berita-berita keislaman dan wawasan kebangsaan yang mengarah kepada munculnya kesadaran masyarakat untuk bersikap arif terhadap lingkungan.

NU Online berkomitmen terus menerapkan prinsip Islam rahmatan lil alamin, Islam yang tidak ramah kepada sesama umat manusia tetapi peduli kepada semua ekosistem yang ada di darat, laut dan udara. Cara-cara itu dilakukan NU Online melalui berbagai metode dan pendekatan.

Nasional

Awal Tahun Semua Pendidikan Formal Kembali Online

Inti dari SE Wali Kota menyampaikan bahwa proses pembelajaran sekolah, kuliah, dan lembaga pendidikan yang setara pada TA 2020/2021 mulai 4 Januari 2020 masih tetap daring (dalam jaringan). Hal ini mempertimbangkan tingkat risiko penyebaran Covid-19 di Kota Kediri yang belum berhenti.

SE Wali Kota ini menindaklanjuti SE Mendagri no 420/6546/SJ dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 serta mencermati kondisi pandemi Covid-19 di Kota Kediri.

Nasional

Habib Ja'far Al-Kaff Kudus Tutup Usia

Inna lillahi wa innaa ilaihi raji'un. Habib Ja'far Al-Kaff Kudus dikabarkan wafat pada Jumat (1/1) di Samarinda, Kalimantan Timur.

Habib Umar Muthahhar membenarkan kabar tersebut. "Barusan dapat telepon dari adiknya Bib Ja'far betul meninggal," katanya melalui pesan suara yang diterima NU Online.

Nasional

Pengabdian adalah Panggilan Kemanusiaan Bukan Untuk Penghargaan

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau biasa disapa Alissa Wahid mendapatkan penghargaan dari Satgas NU Peduli Covid-19 kategori Bu Nyai Inspiratif dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia.

Penganugerahan itu diberikan atas dedikasi Alissa Wahid bersama Gusdurian sepanjang tahun 2020. Gusdurian telah berkiprah untuk masyarakat dengan melakukan gerakan-gerakan sosial dalam rangka memberikan edukasi soal Covid-19.

Nasional

Harapan Presiden Jokowi di Tahun 2021

"Memasuki tahun 2021, saya yakin negara kita Indonesia mampu bangkit dan melakukan banyak inovasi. Pemulihan perekonomian setahap demi setahap telah membaik," kata Jokowi, dalam pernyataan pers menyambut 2021 yang diunggah Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Meski demikian, bukan berarti permasalahan sudah selesai. Satu syarat terpenting untuk menuntaskan masalah pandemi ini dengan menghentikan penularan COVID-19.

Jika pandemi COVID-19 dapat dihentikan, kata dia, proses pemulihan di berbagai aspek akan terus berjalan.

"Memang sesuatu yang tidak mudah. Oleh karena itu, pemerintah akan terus bekerja keras, terus bekerja keras mengendalikan kasus COVID-19," ujar dia.

Nasional

Jokowi Reshuffle Kabinet, Besok Calon Menteri Dipanggil ke Istana

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi akan memperkenalkan calon menteri ke publik. Namun waktunya akan ditentukan Jokowi.

"Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden, bisa pagi atau siang," kata Budi lewat pesan singkat, Senin (21/12/2020).

Pada awal pembentukan Kabinet Indonesia Maju pada Oktober 2019, sejumlah figur juga diperkenalkan dengan dipanggil ke Istana. Kabinet ini kemudian diumumkan Jokowi pada 23 Oktober 2019.

Nasional

Awal Mula Diangkatnya Habib Lutfhi Jadi Penasihat Menag

Informasi terkait pengangkatan tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal. "Menag telah meminta dan menjadikan Habib Luthfi sebagai penasihat guna memberi masukan strategis dalam memimpin Kementerian Agama," terang Kevin di Jakarta, Jumat (18/12) dalam keterangan tertulisnya.

 

Menteri Agama mengharapkan arahan dan masukan dari ulama dalam melaksanakan tugas meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama di Indonesia. "Habib Luthfi sosok ulama kharismatik yang selalu dan tidak pernah lelah bicara tentang persatuan dan kesatuan di NKRI," tutur Kevin mengungkapkan harapan Menteri Agama.

Nasional

PBNU Pertanyakan Hasil Uji Klinis Fase 3 Vaksin Sinovac

Namun, PBNU masih akan terus meminta pemerintah untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang belum selesai diantaranya terkait keterbukaan dan kejelasan hasil uji klinis fase 3 vaksin Sinovac dan prioritas penerima vaksin usia 18-59 tahun.

“Vaksin gratis dan kesediaan pak Jokowi menjadi penerima vaksin yang pertama menyelesaikan dua persoalan vaksin. Tetap masih menyisakan dua persoalan lagi,” kata Ketua PBNU dr Syahrizal Syarief, Jumat (18/12).

Nasional

UU Pencegahan Karhutla Butuh Penguatan Penegakan Hukum yang Berkelanjutan

Meski trendnya terus mengalami penurunan, hampir setiap tahun Karhutla terjadi di Indonesia. Penegakan hukum kepada pelaku peristiwa tersebut perlu dilakukan secara maksimal agar upaya melindungi lahan gambut di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat dapat terwujud.

 

Di Provinsi Kalbar sendiri selain Undang-undang (UU) nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup regulasi yang mengatur bagaimana pola penindakan terhadap pelaku karhutla dijelaskan dalam Perda Pemprov Kalbar nomor 3 tahun 2014 tentang perlindungan dan lingkungan hidup. Perda tersebut mengatur kelestarian lingkungan hidup secara umum meliputi pencegahan dan penegakan hukum.  

Nasional

Hari Ayah dan Sejarahnya

Pada setiap 12 November diperingati Hari Ayah Nasional. Peringatan ini bermula atas prakarsa dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Saat PPIP merayakan peringatan Hari Ibu dengan mengadakan Lomba Menulis Surat untuk Ibu pada 2014, di akhir acara sebagian besar peserta lomba menanyakan kapan penyelenggaraan lomba menulis surat untuk Hari Ayah. Para peserta tersebut, menilai sosok ayah juga menjadi bagian penting dalam keluarga.

Nasional

Rutinitas Ustadz Yusuf Mansyur Sebelum Ceramah

Pendakwah memiliki caranya tersendiri ketika mau berceramah atau ketika hendak menghadapi jamaahnya di majelis ilmu. Cara-cara itu tentu bagian dari upaya para pendakwah agar jamaah yang menjadi peserta pengajian diberikan ketulusan hati menerima ilmu yang disampaikan penceramah. 

Nasional

Jihad Santri Saat ini adalah Jihad Kesehatan

Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, KH Nasaruddin Umar ikut memberikan harapan pada peringatan Hari Santri tahun 2020. Dalam suasana Covid-19 ini, santri, katanya, harus menjadi pelopor kesehatan bagi masyarakat misalnya saja mengajak secara bersama-sama warga untuk selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak (3M). 

Nasional

Definisi Santri dalam Dua Bahasa Menurut Gus Rifkil Muslim

“Naib disini penerus bukan pengganti. Karena kalau pengganti dia akan mengganti segala kebijakan gurunya, kalau penerus dia meneruskan, kebijakan yang ada diistikomahkan,” tutur Gus Rifkil saat menjadi pembicara. 

Nasional

Maulid Nabi Jatuh pada Rabu malam 28 Oktober

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan awal bulan Rabiul Awal 1442 H jatuh pada Ahad (18/10).   "Awal Rabiul Awal 1442 H bertepatan dengan hari Ahad Pahing (mulai malam Ahad), 18 Oktober 2020," kata Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa melalui rilis yang diterima NU Online pada Ahad (18/10) pagi. 

Nasional

PBNU Sampaikan Pasal Ciptaker yang diprotes Masyarakat

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dan Rais 'Aam PBNU KH Miftachul Akhyar menemui Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (15/10) malam.

Nasional

Santri Harus Mampu Bersaing di Era Media Sosial

Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) mengatakan bahwa di era modern saat ini dibutuhkan para santri yang pintar dan cerdas. Pintar dalam menguasai ilmu agama dan cerdas dalam memahami kondisi zaman, beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi persoalan dengan cara-cara kekinian. 

Nasional

Penyuntikan Vaksin covid-19 bulan November?

Pemerintah Republik Indonesia menargetkan mengamankan 350 juta dosis vaksin untuk disuntikan kepada 170 penduduk Indonesia tahun ini. Kegiatan vaksinasi oleh pemerintah dijadwalkan pada November tahun ini. Total sudah ada 213,1 juta dosis vaksin yang telah dipesan pemerintah kepada produsen vaksin asal China dan Inggris. Berdasarkan penelusuran NU Online, dari tiga produsen vaksin China, Indonesia sudah mendapatkan komitmen 18,1 juta dosis vaksin khusus tahun ini, meliputi Cansino dengan jumlah 100 ribu dosis vaksin (single dose), G42/Sinopharm 15 juta dosis vaksin (dual dose) dan Sinovac 3 juta dosis vaksin. 

Nasional

Pilkada di Masa Pandemi Rawan Money Politik

Pengamat Politik Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) Muhtar Said menilai pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tengah Covid-19 rawan terjadi politik uang. Menurutnya, ketidak mauan pemilih pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disebabkan rasa takut kepada Covid-19 menjadi pemicu politik uang tersebut dilakukan para pasangan calon. Untuk menghindari itu, penyelenggara pemilu yakni Bawaslu harus dapat memastikan pengawasan di lapangan benar-benar maksimal. Bawaslu harus jeli mengantisipasi segala kemungkinan yang sulit dihindari. 

Nasional

Kemendikbud Pastikan Kuota untuk Pelajar dan Mahasiswa Diberikan Sepenuhnya

Menurut Hasan, Kemendikbud melibatkan pihak telekomunikasi agar program tersebut berjalan secara maksimal sehingga kebijakan PJJ memberikan dampak positif untuk peserta didik dan tenaga pendidik yang menjadi tanggung jawab Kemendikbud. Melihat fakta di lapangan, lanjutnya, jumlah subsidi kuota yang diberikan pemerintah lebih dari cukup untuk kegiatan belajar mengajar.  

Nasional

Bahaya Covid-19 Yang Sangat Mengerikan

Kasus harian Covid-19 telah menembus angka 3 ribu pada 28 Agustus 2020. Tren kasus terus menunjukkan kenaikan. Dari sebelumnya, 100, 300, 700, 1.000, dan 2.000-an sampai akhirnya menembus 3.000. Kita tak tahu sampai kapan titik puncaknya. 

 

Nasional

Cara Ampuh saat ini adalah dengan Memakai Masker dan Patuhi Protokol Kesehatan

Satgas  NU Peduli Covid-19 dr Muhammad Makky Zam-zami mengemukakan bahwa saat ini, cara agar tetap aman dan terhindar dari Covid-19 adalah menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan. Masker dan protokol kesehatan menurutnya adalah cara ampuh yang bisa berpengaruh positif untuk tubuh manusia. “Vaksin memerlukan waktu, artinya tidak serta merta langsung kita mendapatkan vaksin.

Nasional

Hadapi Jurang Resesi melalui Kegiatan Ekonomi Berbasis Perdesaan Gambut

Potensi Indonesia menghadapi jurang resesi sangat besar, realiasi kinerja perekonomian pada kuartal III menjadi pertaruhan. Karena itu perlu disiapkan Langkah-langkah strategis agar perekonomian Indonesia tetap tumbuh di tengah arus Covid-19 yang begitu massif.

Jauh sebelum Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, Badan Restorasi Gambut (BRG) RI telah melakukan kegiatan ekonomi berbasis perdesaan gambut. Masyarakat yang hidup di kawasan hidrologis gambut diberdayakan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani.

Pun ketika Pandemi melanda, BRG semakin intensif memberikan pelatihan dan tekhnik fasilitasi usaha kepada masyarakat di perdesaan gambut melalui penguatan program Desa Peduli Gambut (DPG) yang sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu. Tujuan penguatan DPG tersebut agar  masyarakat mampu mengendalikan setiap dampak ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19.